Detail Pruduk Unggulan Desa

PRODUK UNGGULAN DESA BANJAREJO

Produk Unggulan Desa Banjarejo

1. Sektor Industri Kecil dan Menengah ( UMKM )

       Untuk mendukung sektor perekonomian, masyarakat Desa Banjarejo memiliki beberapa sektor industri   kecil dan menengah yang bergerak dalam bidang produksi makanan ringan dan kerajinan tangan. Masing - masing produk yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri. Produk tersebut diantaranya :

       a. Opak Jepit

       Opak Jepit merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, gula, telur,   mentega, dan vanili. Opak Jepit berbentuk seperti contong dan berukurang sedang dengan variasi warna   yang bermacam-macam mulai dari warna merah muda, putih, ungu, dan lain-lain. Opak Jepit dikemas   menggunakan plastik dan memiliki label. Harga 1 bungkus Opak Jepit adalah Rp. 8.000 dan distribusi   Opak Jepit biasanya di jual di warung-warung dan di pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional di Desa Banjarejo.

       b. Ladu

       Ladu merupakan salah satu produk makanan ringan unggulan dari Desa Banjarejo. Ladu terbuat dari   tepung ketan yang berkualitas bagus sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat dan enak. Ladu dijual   perkilo dengan harga sekitar Rp. 70.000.  Ladu dikemas dalam bentuk kemasan plastic dan berlabel.   Selain itu, untuk Ladu yang dijual dalam satuan kilo didistribusikan ke daerah Blitar dan kota Malang.   Masyarakat juga dapat membeli Ladu khas Banjarejo di warung-warung dan pasar tradisional Desa   Banjarejo.

       c. Miler

       Miler merupakan makanan ringan berbahan dasar singkong parut, bawang putih, ketumbar, dan   garam. Miler memiliki bentuk lingkaran dan pipih yang tersaji dalam kondisi mentah yang nantinya dapat   digoreng sendiri oleh pembeli atau konsumen. Miler biasanya didistribusikan ke warung-warung dan pasar   tradisional di Desa Banjarejo. Makanan ringan ini memiliki kemasan plastik dan berlabel.

       d. Stik Bawang Merah

       Stik Bawang Merah merupakanan makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, masako,   dan garam. Stik Bawang Merah tersaji dalam berbagai varian rasa diantaranya bawang goreng, seledri,   bayam, bawang putih, dan wortel. Makanan ringan ini berbentuk stik pada umumnya dan memiliki   kemasan plastik transparan. Ditribusi Stik Bawang Merah di warung, toko, dan pusat perbelanjaan di   daerah Banjarejo.

       e. Molen

       Molen merupakan salah satu cemilan yang berbahan dasar tepung terigu, gula, telur, mentega, dan   vanili bubuk. Molen memiliki beberapa varian isian rasa, diantaranya coklat dan kurma. Cemilan ini   dikemas menggunakan toples transparan dan memiliki label sehingga terlihat menarik dimata pembeli.   Molen dibandrol dengan harga Rp.10.000 per 200gr. Distribusi molen bisanya di warung-warung tedekat,   toko, dan pusat perbelajaan di daerah Banjarejo.

       f. Varian Keripik

       Desa Banjarejo juga unggul dalam bidang produksi makanan ringan berupa keripik. Beberapa varian   kripik diantaranya keripik tempe, keripik menjes, keripik kedelai, dan keripik pisang. Bahan utama untuk   produksi keripik ditentukan dari varian keripik yang ingin dibuat. Akan tetapi untuk bahan pendukung sama   yaitu minyak sawit, pewarna makanan, dan gula. Varian keripik dikemas menggunakan plastik transparan   dan memiliki label. Masyarakat dapat membeli macam-macam varian keripik di warung, toko, dan pusat   perbelanjaan khususnya di wilayah Banjarejo.

       g. Peyek

       Peyek merupakan salah satu makanan ringan yang biasanya digunakan sebagai pendamping dari   makanan berat seperti pecel, nasi jagung, dll. Peyek umumnya terbuat dari gorengan tepung beras yang   dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental dan diberi bumbu berupa garam dan bawang putih   serta diberi bahan pengisi seperti biji kacang tanah atau kedelai. Varian peyek bermacam-macam mulai   dari peyek kacang tanah, kacang kedelai, dll. Peyek dikemas menggunakan kemasan plastik transparan   dan diberi label terkait identitas produk dan penjual. Masyarakat dapat membeli peyek di warung terdekat   ataupun pusat perbelanjaan di daerah Banjarejo.

       h. Kerajinan Tangan

       Selain makanan ringan, masyarakat Desa Banjarejo juga membuat beragam kerajinan tangan yang   dapat digunakan sebagai benda pakai atau hiasan dirumah. Kerajinan tangan yang dibuat meliputi tas   rajut, bunga akrilik, connector masker, dan dompet rajut. Tas rajut, dompet, dan connector masker terbuat   dari kain rajut yang di dijahit dengan pola tertentu untuk menambah nilai estetika produk. Sedangkan untuk   bunga akrilik terbuat dari kaca dan plastik yang dibentuk menyerupai kelopak bunga dengan banyak varian   jenis bunga serta beragam warna agar tampilan produk menjadi cantic dan menarik perhatian konsumen.   Masyarakat dapat langsung membeli produk kerajinan tangan dari tangan produsen serta memilih sendiri   varian kerajinan tangan yang akan dibeli.

Pruduk Unggulan Desa Terkait